Mengenal Mesin Commonrail Pada Fortuner Tipe Diesel

Fortuner menjadi produk Toyota yang laris manis dalam market. Sebagai salah satu opsi SUV kelas menengah sendiri, Fortuner menjamin kenyamanan berkendara dalam segala jenis kontur jalanan. Dimana Fortuner memiliki beragam jenis spesifikasi yang mendukung kegiatan berkendara dengan aman dan nyaman. Mulai dari kenyamanan seat, fitur multimedia hingga keberadaan fitur keamanan kendaraan itu sendiri.

Fortuner sendiri sudah menemani masyarakat Indonesia belasan tahun lebih. Meskipun demikian, merk kendaraan ini masih diinginkan oleh masyarakat Indonesia dan dipilih menjadi opsi pembelian unit kendaraan. Fortuner memiliki mesin yang berkualitas dan juga sangat mendukung kegiatan berkendara dengan baik. Sebab itu tidak mengherankan jika kendaraan ini sangat mendukung kegiatan mengaspal.

Fortuner dibekali Toyota dengan spesifikasi mesin yang berkualitas. Performa mesin menjadi kunci utama kendaraan menjadi andalan masyarakat dan mendukung kegiatan penggunanya. Selain itu mesin yang berkualitas bisa menjamin kendaraan bisa digunakan bertahun – tahun lamanya. Mesin Fortuner sendiri dari awal diperkenalkannya selalu melakukan pembaharuan dan menyesuaikannya sesuai dengan kebutuhan penggunanya.

Fortuner memiliki varian yang menggunakan kendaraan dengan tipe mesin commonrail. Tipe mesin ini disisipkan pada tipe mesin diesel pada varian Fortuner sendiri. Commonrail merupakan tipe mesin injeksi pada konsumsi bahan bakar. Tipe mesin ini mendukung suplai bahan bakar ke mesin secara otomatis dan tidak terbuang. Bisa dibilang jika penggunaan tipe mesin ini sendiri mendukung konsumsi bahan bakar untuk mesin disalurkan dengan baik dan tidak terbuang sia – sia.

Fortuner merupakan kendaraan SUV yang menyediakan tipe kendaraan menggunakan mesin diesel. Jenis mesin ini sendiri pada beberapa kendaraan pendahulunya mendapatkan beberapa keluhan yakni boros bahan bakar karena konsumsi bahan bakar tidak disalurkan dengan baik. Dalam memberikan kepuasan penggunaan pada konsumennya, Toyota akhirnya memberikan mesin commonrail pada Fortuner dalam enhancing performance kendaraan.

Commonrail sendiri menggunakan EDC dalam mengatur keluar masuknya bahan bakar dalam sistem pembakaran. EDC akan mengatur waktu yang diperlukan untuk bahan bakar masuk ke dalam mesin sesuai dengan kebutuhan mesin. Dimana hal ini akan mendukung kebutuhan mesin sesuai dengan keperluan mesin tersebut. Dengan begitu bahan bakar yang dibutuhkan akan didistribusikan dengan baik dan tepat.

Nah, penjelasan sekilas tentang fungsi mesin Toyota Fortuner yakni commonrail sendiri akan membuat kamu bertanya apakah sebenarnya fungsi commonrail pada mesin? Dalam mempermudah kamu mengerti pentingnya mesin commonrail pada kinerja mesin kendaraan, berikut ini merupakan beberapa fungsi commonrail dalam Toyota Fortuner :

  1. Suplai bahan bakar optimal

Fungsi utama dan penting dari pemasangan mesin coomonrail pada Toyota Fortuner adalah pengaturan suplai bahan bakar yang menjadi optimal. Banyaknya kendala pada sistem mesin kendaraan seperti Toyota Innova dan Fortuner ketika menggunakan tipe mesin matic adalah suplai bahan bakar yang tidak optimal. Hal ini bisa didukung dengan adanya fitur mesin commonrail dalam kendaraan tersebut.

Selain itu, mesin coomonrail dalam Toyota Fortuner sendiri akan mendistribusikan bahan bakar sesuai dengan kebutuhan mesin saat pembakaran berlangsung. Bahan bakar akan disalurkan oleh mesin commonrail sendiri melalui pipa rail pada kendaraan Toyota Fortuner ini secara otomatis dan mudah.

  1. Memberikan pressure pada mesin

Sistem dalam mesin commonrail sendiri menggunakan high pressure dalam memberikan tekanan pada bahan bakar yang disediakan untuk bisa mencapai high pressure accumulator yang akan membantu bahan bakar untuk turut serta dalam pembakaran. Hal ini mendukung optimalisasi pemanfaatan bahan bakar sehingga tidak akan terbuang percuma selama proses pembakaran. Sebab itu, mobil Fortuner yang menggunakan mesin ini cenderung lebih hemat konsumsi bahan bakar.

  1. Pengatur timing bahan bakar masuk

Pendistribusian bahan bakar selama proses pembakaran harus tepat agar pembakaran berjalan dengan baik dan konsumsi bahan bakar menjadi lebih efisien. Sebab itu, dalam mesin commonrail di mobil Fortuner terpasang komponen bernama EDC. Komponen ini sendiri menentukan bahan bakar disalurkan dengan tepat sesuai timing.

Commonrail sendiri membutuhkan kegiatan service berkala sama seperti mesin lainnya dalam menunjang penggunaan mesin dengan optimal dan sesuai. Tipe mesin ini sendiri harus dirawat kualitasnya agar biaya perawatan tidak melonjak dan menguras kantong. Selain itu, bisa juga untuk menjaga harga jual kendaraan stabil.

You may also like...

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *